Home » , » Mengatasi burung yang lumpuh

Mengatasi burung yang lumpuh

Apakah Anda pernah melihat burung terkulai lumpuh di dasar sangkar? Saat Anda memberi makan, burung kehilangan selera makan. Kondisi seperti ini adalah tanda-tanda burung anda mengalami kelumpuhan, hal ini umumnya disebabkan karena kekurangan asupan mineral terutama kalsium.

Apa itu mineral dan apa fungsinya?

Mineral merupakan pembentuk in-organik yang ada di seluruh jagad raya, tubuh makhluk hidup dibentuk dari mineral. Mineral juga membantu proses kimia dan elektrik yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Proses -proses kimia dan elektrik hanya akan berfungsi dengan benar apabila keseimbangan mineral yang sesuai diberikan pada sistem. Misalnya zat besi untuk darah, belerang untuk otot, kalsium untuk tulang, dan banyak lainnya yang secara umum memberikan kelancaran fungsional tubuh makhluk hidup.

Mineral dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan. Meskipun vitamin begitu penting, vitamin tidak dapat melakukan apa-apa untuk makhluk hidup tanpa mineral. Celakanya tubuh makhluk hidup dapat menghasilkan beberapa vitamin, tapi tidak dapat menghasilkan satu pun mineral.

Kekurangan salah satu mineral bisa membuat burung drop. Karena tanpa mineral yang cukup, vitamin dan makanan lain tidak dapat terolah dengan baik di dalam sistem pencernaan dan metabolisme burung. 

Saat burung dalam kondisi drop kemudian akan muncul serangan anemia, di mana burung akan sangat lemas, lunglai seperti tak bertenaga. Antibiotik biasanya tidak bisa membantu karena bukan disebabkan oleh serangan mikroba. 

Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menangani kelumpuhan pada burung:
                                                                                                                        
Atasi anemia pada burung Anda dengan memberikan vitamin B12 atau vitamin B complex atau multivitamin lainnya dengan kandungan B12 yang besar.

Burung harus tetap mendapatkan asupan makanan yang baik. Hanya saja, selama sistem pencernaannya belum berfungsi normal, akan sulit bagi dia mendapatkan energi yang cukup untuk bertahan hidup.

Jika burung masih mau makan dan makanannya adalah serangga, berikan saja kroto dengan ditaburi multivitamin, misalnya BirdVit. Jangan larutkan multivitamin daam air dengan berharap burung mau meminumnya karena cara ini akan sia-sia, hanya sedikit yang akan terminum.

Usahakan pemberian makanan apapun ke dalam pencernaan burung tidak dengan cara dipegang. Karena, burung dalam kondisi drop, jika dipegang akan seperti tersentak karena tidak punya labirin dan hal ini bisa menyebabkan kematian. Burung dalam kondisi sakit, jika tertekan di bagian dada bisa langsung tersedak dan mati di tangan kita.

Memberi asupan pakan burung  pada burung yang sedang drop, bisa dilakukan dengan menggunakan injeksi yang ujungnya diganti dengan selang kecil. Tetes-teteskan makanan atau minuman apa akan diberikan pada burung dari atas paruhnya dengan harapan ada bagian yang masuk ke mulut burung dan terminum. 

Semoga bermanfaat
Bagikan untuk semua : :
 
Support : Copyright © 2011. Tabloid Burung - All Rights Reserved
TABLOID BURUNG by Kicau Mania Indonesia Copyright (c) 2013
TABLOID BURUNG INDONESIA Video Burung | Gambar Burung | INILAH DUNIA KITA | - .