Home » » Perawatan minimalis untuk serindit

Perawatan minimalis untuk serindit



Serindit merupakan burung paruh bengkok kecil yang kini mulai banyak dilirik oleh banyak penggemar burung di seluruh indonesia. Suranya yang mendencing disertai crecetan khas burung paruh bengkok ternyata mampu menggoda siapapun yang mendengarnya untuk segera memiliki burung ini dirumahnya, baik untuk tujuan masteran ataupun memancing burung lain berbunyi.



Karena termasuk jenis burung yang baru populer, terkadang tidak sedikit pula penggemar burung ini yang belum mengetahui bagaimana cara perawatan burung ini hingga menjadi rajin bunyi. 

Sebagai panduan bagi anda penggemar burung serindit dimana saja berada, berikut saya berikan ulasan singkat mengenai perawatan burung serindit ini: 

Burung serindit adalah pemakan buah-buahan termasuk juga nektar dari bunga-bunga dan terkadang terlihat sering juga memangsa serangga-serangga kecil.

Dalam perawatannya, masih banyak kicaumania kita yang memberikan nasi putih pada burung serindit ini, tetapi karena dalam perawatannya dibutuhkan banyak nutrisis khususnya jenis burung penghisap nektar ini jadi dalam pemberian pakannya pun bisa melakukan cara berikut : 

Ada beberapa macam pakan yang bisa diberikan, diantaranya:


  • Nasi Putih Nasi yang biasa kita makan sehari-hari , memang menjadi santapan burung serindit, tetapi dalam pemberiannya pun jangan hanya berupa nasi saja, bisa saja ditambah dengan sumber makanan lainnya misalnya: - Mencampur nasi putih dengan air gula. - Mencampur nasi putih dan sereal bubuk / bubur bayi dengan air gula.
  • Millet Burung serindit yang belum terbiasa dengan pakan millet ini mungkin akan kesulitan dengan makanan tersebut, karena ia akan mengabaikannya, salah satu cara agar serindit mau makan millet ini adalah dengan cara menempelkan milet pada buah-buahannya, atau dengan cara memotong buah-buahan tersebut lalu menyimpannya dalam wadah millet dan dilumuri dengan milet tersebut., sedangkan cara yang praktis adalah dengan menyatukan serindit yang sudah makan milet dengan serindit yang belum makan milet, dengan demikian serindit tersebut akan ikut-ikutan memakan milet, trik lain agar burung serindit mau makan milet adalah dengan cara mencampur milet dengan air gula ( air yang manis ) lakukan setiap hari , lalu setelah beberapa hari kemudian cobalah berikan milet yang utuh atau kering, kalau ia sudah mau memakannya berarti anda sudah berhasil mengajarinya makan milet.
  • Buah-buahan Sebelum diberikan sebaiknya buah-buahan tersebut sebelumnya direndam terlebih dahulu dalam air garam, hal ini bertujuan untuk membuang sisa-sisa racun bekas pestisida yang biasanya menumpuk kalau kita membeli buah-buahan tersebut di pasar, sebelum diberikan buah-buahan tersebut ditiriskan lebih dahulu. selain itu sisa-sisa air rendaman garam yang menempel pada buah-buahan tersebut bisa berfungsi sebagai penambah energi yang akan membuat burung semakin aktif dan membuatnya menjadi rajin berbunyi.

Perawatan lain

Perawatan lain yang dianjurkan untuk diberikan pada burung serindit adalah memandikannya setiap hari, baik dengan cara disemprot halus pada bagian dada dan punggung serta ekornya ( jangan terkena muka, karena air semprotan bisa masuk ke hidungnya) atau menyediakan bak mandinya jika burung terbiasa mandi dalam bak mandinya. setelah itu dijemur hanya sebentar saja.

Semoga bermanfaat untuk serindit mania.
Bagikan untuk semua : :

1 comments :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Tabloid Burung - All Rights Reserved
TABLOID BURUNG by Kicau Mania Indonesia Copyright (c) 2013
TABLOID BURUNG INDONESIA Video Burung | Gambar Burung | INILAH DUNIA KITA | - .