Home » , » Memahami penyebab burung kenari tidak mau berkicau

Memahami penyebab burung kenari tidak mau berkicau

Burung kenari jantan yang sehat akan berkicau akibat hormon didalam tubuhnya - terutama hormon testosteron - yang menyuruh mereka untuk bernyanyi! berkicau memang menjadi sebuah perilaku dari burung dalam menarik perhatian pasangannya, untuk menjaga dan menunjukan wilayah kekuasaannya dan terkadang hanya untuk bersenang-senang saja. Sebuah kicauan artinya sebuah pengumuman kepada burung lain bahwa burung tersebut sedang dalam keadaan sehat dan kuat. 



Jika pada alasan tertentu tingkat testosteron burung anda menurun, ia akan menjadi jarang berkicau atau malah tidak akan berkicau sama sekali. Hal ini bisa terjadi setiap tahun selama periode masa molting (mabung), ketika seekor burung merontokan dan menumbuhkan semua bulunya, sebagian besar burung jantan akan berhenti berkicau selama masa mabung tersebut, yang bisa berlangsung antara enam dan delapan minggu. Bukan hanya itu saja burung jantan yang sudah berusia tua pun akan mengalami penurunan kadar testosteron dan akan mulai jarang berkicau dibanding sewaktu mereka masih muda. 


Kicauan ini juga merupakan pertanda yang ditunjukan apakah burung sakit atau stress, karena burung yang sakit tidak akan berkicau seperti biasanya. 

Kadang-kadang pula burung akan berhenti berkicau karena alasan tertentu, misalnya digantung dekat burung betina ( kalau keseringan ditempel dengan betina, burung jantan secara otomatis akan berhenti berkicau, karena baginya suara kicauan adalah untuk menarik burung betina, tetapi kalau burung betina sudah ada dihadapannya maka ia merasa tidak perlu lagi berkicau ), misalnya juga digantung berdekatan atau berhadapan dengan cermin atau jendela yang merefleksikan bayangannya sendiri ( ia akan melihat bayangannya sebagai pasangannya ), dan burung yang ketakutan misalnya ditempatkan dalam lokasi atau tempat yang remang-remang atau terlalu tenang, misalnya dalam ruangan tertutup. 


Kalau burung kenari yang anda miliki berhenti berkicau dari biasanya, maka kemungkinan terjadi sesuatu pada burung kenari tersebut misalnya kondisi kesehatannya sedang tidak baik / fit atau sedang menghadapi masa mabungnya atau juga karena sesuatu masalah lain misalnya burung drop karena stress akibat gangguan dari luar misalnya hewan atau burung lain.

Untuk burung kenari yang baru dibeli ia akan mulai berkicau setelah beberapa minggu, karena ia harus terlebih dahulu melakukan proses adaptasi lingkungan dan kandang, meskipun ada beberapa burung kenari yang tidak kenal dengan adaptasi digantung dimana saja dan kapan saja ia akan tetap berbunyi, dan biasanya kenari yang demikian adalah kenari yang memiliki mental yang bagus dalam artian siap dilombakan. tetapi jika sudah berhari-hari atau berminggu-minggu burung yang baru anda beli tak kunjung juga  berkicau maka kemungkinan besar burung tersebut adalah betina. 
Bagikan untuk semua : :

0 comments :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Tabloid Burung - All Rights Reserved
HOBI ELEKTRONIKA by Inilah dunia kita Copyright (c) 2013
DUNIA DAN HOBBI ELEKTRONIKA Video Burung | Gambar Burung | INILAH DUNIA KITA | -.