Onagadori si unggas hias berekor panjang



ONAGADORI yang kalau diterjemahkan berarti  unggas paling terhormat mungkin adalah satu satunya gelar tertinggi yang diberikan terhadap seekor ayam di jepang dan untuk menjaga kelestariannya pemerintah jepang memasukan onagadori atau the long tail japanese fowl sebagai unggas yang dilindungi.  kalau kita melihat bentuk ayamnya rasanya tidak salah juga sih gelar tersebut diberikan karena kecantikan dan keindahan unggas tersebut mampu membuat orang yang melihatnya terkagum kagum terlebih panjang ekor dari unggas tersebut bisa mencapai 15 meter. Dalam literatur jepang tidak ada laporan terperinci mengenai asal usul dari jenis unggas yang bergelar onagadori ini. masyarakat jepang percaya bahwa bagaimanapun jenis ini terjadi karena hasil mutasi dari peternakan SHOKOKU pada periode Edo (1600-1868) , bahkan berdasarkan sejarah lisan (cerita turun temurun) menceritakan bahwa Pangeran ( atau shogun?) yang menguasai wilayah Yamanouchi di prefektur kochi yang berada di semenanjung selatan shikoku ini memiliki pelindung kepala dan tombak dari bala tentaranya yang dihiasi dengan bulu bulu ayam yang panjang untuk acara acara khusus dalam rangka menghormati kaisar Teno. jadi kemungkinan asal usul dari unggas ber ekor panjang ini berasal dari sebuah peternakan di shokoku.




Perkembangan onagadori di dunia sangat sedikit dan terbatas, bahkan di amerika saja banyak beredar mitos yang salah dan kebingungan mengenai jenis unggas ini sehingga disamakan dengan ayam biasa ( gallus domesticus ) , definisi onagadori sendiri masih banyak diperdebatkan di negara negara barat. Tekeichi Riuemon dari Shinohara membuat sebuah terobosan besar dalam perkembang biakan untuk ekor panjang ini, untuk alasan ini Onagadori dari Periode ini disebut " Shinoharato" yang beberapa waktu kemudian disebut dengan sebutan "Nagaodori" yang kemudian disebut juga dengan sebutan "Tosa" sebagai referensi ke provinsi dimana mereka terutama dikembang biakan.
Dalam perkembangannya penangkaran penangkaran unggas ekor panjang ini telah berhasil memproduksi unggas dengan ekor yang bisa lebih panjang lagi dan dengan mutasi warna yang cantik hasil perkawinan silang. bagaimana, tertarik mengembang biakan unggas hias ini di indonesia seperti yang dilakukan om Bambang Adji Pratama dan om Wim Indra Gunawan di Surabaya, Jawa Timur, dalam sebuah artikel di omkicau.com, silahkan buka artikelnya disini.


ARTIKEL TERKAIT 
Ayam Cemani untuk Ritual ataukah untuk Hiasan ? 



Teruskan membaca | comments

Poksay Jambul dan Poksay lokal

Sekilas tidak ada perbedaan diantara kedua burung ini poksay jambul dengan poksay sumatera , tetapi jika kita bandingkan kedua gambarnya maka akan tampak jelas perbedaannya bisa terlihat. disinilah ke teletian sebelum mengenali jenis jenis burung dibutuhkan agar kita tidak salah pilih sewaktu membeli burung jenis ini. 
wajar saja kalau kedua jenis ini memiliki kemiripan karena poksay sumatera atau poksay hitam putih ( garrulax bicolor) adalah subspesis dari poksay jambul ( garrulax leucolophus ) selain itu masih ada 50 spesis dari jenis ini yang sama sama memiliki kemiripan. 

POKSAY JAMBUL
POKSAY JAMBUL
poksay jambul atau white crested laughingthrush (garrulax leucolophus) adalah burung endemik indochina yang sering dijumpai di pegunungan pegunungan himalaya hingga pebukitan di wilayah indochina. burung poksay ini hampir mirip dengan kerabatnya poksay sumatera hanya saja yang membedakan adalah jambulnya yang khas dan warna badannya yang berwarna coklat dengan warna putih pada bagian kepala hingga dadanya dengan garis mata tebal berwarna hitam. suara burung ini terkenal sangat keras dan bisa sangat bervariasi. 
Burung ini pernah meramaikan perdagangan burung kicauan beberapa tahun yang lalu, suaranya yang khas mampu merebut hati penggemar burung kicauan pada waktu itu, namun seiring berjalannya waktu, keberadaan burung inipun sangat sulit ditemukan di pasar pasar burung di indonesia. 

Suara poksay jambul




POKSAY SUMATERA (POKSAY lOKAL)


POKSAY SUMATERA
Poksay sumatera atau poksay lokal atau the sumatran laughingthrush atau sering juga disebut black and white laughingthrush ( garrulax bicolor) sesuai namanya burung poksay ini hanya memiliki dua warna saja yaitu hitam pada bagian badannya dan warna putih pada bagian kepala hingga leher dengan garis mata berwarna hitam dan yang paling membedakannya adalah burung ini tidak memiliki jambul (crest) . burung ini adalah endemik dari pulau sumatera indonesia. dan merupakan salah satu subspesis dari poksay jambul (garrulax leucolophus). keberadaan burung ini masih banyak ditemukan di hutan hutan sekitar sumatera, namun penangkapan liar yang tidak terkontrol akan bisa membuat keberadaan burung ini menjadi semakin langka seperti halnya burung poksay jambul. 
Suara burung ini sangat keras dengan irama yang monoton. 

Suara poksay sumatera 



RAWATAN HARIAN 
Secara umum rawatan harian kedua jenis burung ini adalah sama, karena keduanya termasuk burung omnivora yang menyukai buah buahan serta serangga dan binatang binatang kecil seperti kadal.  kandang yang digunakan sebaiknya kandang yang berukuran besar dan kokoh karena karakter burung ini yang senang melompat lompat. dan dalam penggantungannya sebaiknya hindari menggantung burung ini dekat dengan burung yang mudah stress jika dikagetkan dengan suara yang kencang dan keras seperti murai batu, cucak hijau dan anis merah karena kedua burung ini sama sama bersuara kencang dan keras. 


Teruskan membaca | comments ( 2 )

Ayam cemani : untuk ritual atau hiasan



Ayam cemani yang seluruhnya berwarna hitam gelap ini adalah unggas yang exotis dan cantik, sebagai unggas asli indonesia ( nama cemani diambil dari nama perkampungan di jawa tengah) ayam cemani ini termasuk unggas yang paling malang nasibnya, hidupnya hanya dijadikan sarana pengobatan ataupun ritual ritual tertentu sama nasibnya dengan burung pelatuk bawang


Berbeda dengan Ayam silkie dari china , Ayam cemani memiliki bulu bersisir tunggal dan keras.. Perembesan pigmen yang unik ini meresap hingga kedalam kulitnya bahkan hingga melalui sumsum sehingga membuat seluruhnya berwarna hitam luar dan dalam baik itu kuku kaki, lidah, daging, organ tubuhnya, tulang semuanya berwarna hitam. Unggas yang luar biasa ini dikembangkan dan dinamakan sesuai daerah asalnya yaitu desa cemani jawa tengah.

Masyarakat Jawa percaya bahwa unggas ini memiliki kekuatan magis sehingga banyak dicari untuk tujuan ritual dan kepercayaan. sementara di negara negara asia lainnya unggas ini memiliki nilai yang tinggi begitu berada dalam piring saji, yang juga mengandung banyak zat besi dibanding dengan ayam jenis lainnya. bahkan cara memasaknya pun membutuhkan waktu yang lama agar daging benar benar bisa dimakan.

Ayam cemani di peternakan ayam di jerman
Sayang memang kalau sampai mutiara dari cemani ini sampai punah karena dijadikan sarana ritual tertentu walaupun sekarang sudah banyak peternak ayam cemani di selurhuh indonesia ini,  bukan hanya itu  di negara eropa sendiri sudah banyak yang mengembang biakan ayam cemani ini sebagai unggas hias. 

Teruskan membaca | comments ( 10 )

Sangkar gantung untuk ternak perkutut


Jika tidak memungkinan beternak perkutut bisa saja dilakukan dalam sangkar gantung, ukuran sangkarnya sendiri bisa menggunakan sangkar burung ocehan yang berbentuk kotak dengan ukuran 60(P)x60(L)75(T)  atau memanfaatkan kandang untuk kacer , murai batu ataupun cucak hijau yang tidak terpakai, yang penting semakin besar ukuran kandangnya semakin leluasa burung perkutut bisa bergerak. 


Siapkan dahulu tempat sarangnya di dalam sangkarnya dengan bahan sarang yang sudah jadi didalamnya. setelah itu barulah kedua burung perkutut dimasukan dalam sangkar penangkarannya. 

jika sudah berjodoh perkutut akan saling meloloh lalu melakukan ritual "ngecer" dan diakhiri dengan ritual kawin yang sebenarnya.  proses ngecer ini biasanya dilakukan sekitar 4-5 kali, burung jantan akan menaiki burung betina lewat sisi kiri atau sisi kanannya untuk kemudian hinggap di sampingnya, makanya dibutuhkan kandang yang besar agar kedua burung lebih leluasa "berlatih pemanasan" sebelum kawin. 

Perawatan indukan perkutut

Bagaimana perawatan yang tepat agar perkutu bisa segera kawin dan bertelur, silahkan simak beberapa tips berikut : 
  • Lakukan penjemuran setiap pagi hari (tentu saja dengan sangkar gantungnya) untuk merangsang burung cepat birahi, biasanya sewaktu penjemuran itu burung akan melakukan perkawinan. ada kala berlangsung setelah penjemuran selesai. 
  • Setelah kawin biasanya burung akan bertelur dalam jangka waktu 1-2 minggu, jika sudah terlihat tanda tanda akan bertelur sebaiknya sangkar jangan dipindah pindah lagi, biarkan menempel dengan tembok agar sangkar lebih kokoh dan tidak mudah goyang.
  • Perkutut akan mengerami telurnya selama 2 minggu, jika terlihat tanda tanda akan menetas sangkar bisa dijemur kembali pada pagi pagi hari sekitar jam 06.30 selama 5-10 menit saja, jangan lama lama , dan penjemuran pun jangan sewaktu matahari sedang terik teriknya, setelah piyikan keluar bulu barulah ditambah lagi waktu penjemurannya menjadi 10-15 menit. 
  • Setelah anakan berusia 5-7 hari bisa langsung dipasang ring pengenal.
  • Pada usia 7-8 hari inilah burung bisa diambil dan di satukan dengan burung puter (dititipkan) untuk diloloh.  setelah anakan dipisahkan dari indukannya kandang bisa dibersihkan supaya bisa digunakan indukan perkutut untuk bertelur lagi. namun jika anda tidak punya pengasuh lain (burung puter) untuk meloloh anakannya biarkan saja diloloh oleh induknya selama 1 bulan. 


Semoga bermanfaat 
Teruskan membaca | comments

Mengenal Enggang si lambang kesetiaan

Burung Enggang atau burung rangkong (Hornbill) adalah sejenis burung yang memiliki paruh berbentuk tanduk. Nama ilmiahnya adalah "buceros" yang merujuk pada bentuk paruhnya yang dalam bahasa yunani berarti tanduk sapi.
Burung enggang ini tergolong dalam kelompok Bucerotidae yang termasuk 57 spesies dengan sembilan spesis diantaranya berasal dari endemik di Afrika bagian selatan dan 14 diantaranya endemik Indonesia. Makanan mereka adalah buah buahan juga kadal, tikus, ular dan berbagai jenis serangga.
Diantara 14 jenis enggang yang ada di indonesia ini, Enggang gading adalah salah satu jenis burung enggang yang terbesar dan paling banyak diburu untuk diambil paruhnya , oleh karena jumlahnya yang kian berkurang di habitatnya akibat perburuan liar , burung ini masuk dalam kategori burung langka.

ENGGANG LAMBANG KASIH SAYANG DAN KESETIAAN

Burung enggang yang masih muda memiliki paruh dan mahkota berwarna putih dan seiring bertambahnya usia paruh dan mahkotanya tersebut akan berubah warna menjadi oranye dan kemerahan, hal ini dikarenakan burung ini sering menggesekan paruh ke kelenjar penghasil warna oranye merah yang terletak pada bagian bawah dari ekornya.

Burung ini hidup berpasangan dan cara bertelurnya pun cukup unik, Burung Jantan akan membuat lubang ditempat yang tinggi pada sebatang pohon  untuk tempat burung betinanya bertelur, dan sewaktu mengeram itulah burung betina akan menutup sarangnya dengan dedaunan dan lumpur dengan lubang kecil untuk tempat burung jantan memberikannya makanan , burung enggang betina akan bertelur dengan jumlah telur sekitar 5 hingga 6 butir telur  dalam sarangnya yang tersembunyi tersebut dan apabila induk dan anaknya tersebut sudah tidak muat lagi dalam sarangnya maka burung betina akan memecahkan sarangnya dan merenovasi lagi sarangnya supaya bisa muat bagi anak mereka. pada beberapa spesis kadang anak anak burung itu sendiri yang merenovasi sarangnya tanpa bantuan induknya.


Kesetiaan burung jantan dalam memberi makan dan menjaga pasangannya selama bertelur hingga mendewasakan anak anaknya tidak hanya sampai disitu tetapi hingga seumur hidupnya pasangan ini akan tetap berpasangan. karenanya burung ini kerap dijadikan sebagai lambang kesetiaan atau lambang kasih sayang.

BERBAGAI MITOS DAN LAMBANG BUDAYA

Didalam budaya Kalimantan, burung enggang (tingan) merupakan simbol "Alam Atas" yaitu alam kedewataan yang bersifat maskulin. bahkan mitos dan cerita dibalik burung enggang ini pun berbeda beda disetiap daerah, salah satu mitos menyebutkan bahwa burung enggang adalah jelmaan dari Panglima Burung, Panglima burung adalah sosok yang tinggal di pegunungan di pedalaman kalimantan dan berwujud gaib dan hanya akan muncul pada saat perang, umumnya burung enggang dianggap sakral dan tidak diperbolehkan di buru apalagi di makan, bila ditemukan ada burung enggang yang mati, mayatnya tidak dibuang, bagian kepalanya akan digunakan untuk hiasan kepala, sedangkan kerangka kepalanya akan tetap awet karena tulangnya yang keras, dan hiasan kepala inipun hanya boleh digunakan oleh orang orang tertentu. 

Hiasan Kepala yang digunakan oleh orang orang tertentu
 
di pulau kalimantan sendiri burung enggang sakti digunakan sebagai lambang daerah ataupun juga simbol  organisasi seperti di lambang negeri Sarawak, lambang provinsi kalimantan tengah, Simbol Universitas Lambung Mangkurat dan lain sebagainya, sementara dalam budaya banjar burung enggang ini diukir dalam bentuk yang tersamar karena budaya banjar tumbuh dibawah pengearuh agama islam yang melarang adanya ukiran makhluk bernyawa.
Teruskan membaca | comments

Pengertian katuranggan dan maknanya bagi perkutut


Katuranggan kemungkinan berasal dari kata katur dan angga, Katur disini berarti menyampaikan dan angga berarti badan, jadi Katuranggan adalah pengetahuan yang menyampaikan pengertian tentang bentuk bentuk badan. sedangkan dalam bahasa Belanda istilah katuranggan ini dikenal dengan sebutan Exterieur atau bentuk lahiriah bagian badan yang nampak diluar.  Menghubung hubungkan katuranggan burung dengan kualitas burung mungkin sudah menjadi tradisi penggemar burung di indonesia tidak terkecuali burung perkutut. Bagi penggemar burung perkutut pemilihan katuranggan ini menjadi satu hal yang sangat penting selain bunyi suara tentunya  sewaktu memilih burung perkutut bakalan untuk dijadikan burung kesayangannya. sebab hanya dengan mengetahui katuranggan dari burung tersebut pemiliknya bisa meramalkan bagaimana kualitas burung ini nantinya. 



Disini juga pernah dibahas mengenai masalah katuranggan dan sejarah mengenai burung perkutut ini , untuk membuka kembali ingatan kita sekaligus menyegarkan suasana silahkan baca kembali artikel yang sangat menarik ini  disini dalam serba serbi perkutut katuranggan.

Menurut seorang penggemar burung perkutut kawakan pemilihan katuranggan ini terdapat beberapa bagian yang penting untuk menentukan bagaimana kualitas dari burung tersebut, bagian penting tersebut diantaranya adalah : 

Bentuk kepala dari samping

  • Burung perkutut yang bentuk kepalanya njambe nom ( seperti buah jambe atau pinang yang masih muda ), diperkirakan mutu suaranya bisa ngepol ( maksimal ) dan keindahan suara tersebut akan terus bertahan sampai burung berusia tua.
  • Burung perkutut yang bentuk kepalanya mbeton nongko ( seperti biji nangka ), diperkirakan bunyi suaranya akan bisa bertahan sampai tua, akan tetapi keindahannya tidak dapat mencapai maksimal.
  • Burung perkutut yang bentuk kepalanya nggobog ( seperti uang logam ), diperkirakan mutu suaranya akan terus meningkat sampai pada usia tengahan atau 3 rambahan ( sekitar 24 tahun, karena per rambahan = 8 tahun ), kemudian akan menurun sesuai dengan umurnya.
  • Burung perkutut yang bentuk kepalanya mbungkul bawang ( seperti bungkul atau siung ( umbi ) bawang putih ), diperkirakan mutu suaranya tidak menentukan. Kadang dapat baik dan mengejutkan, tapi dapat juga mlempem, tak ada kemajuan.
  • Burung perkutut yang bentuk kepalanya nakir kuwalik ( takir terbalik , takir adalah tempat makanan / sesaji terbuat dari daun pisang berbentuk segi empat ), sulit diharapkan suara baiknya.

Bentuk paruh badan dan ekor

  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya ngepel ( seperti buah kapel / burahol ) dan bentuk badannya tuntut gedang ( seperti kuncup bunga pisang ) serta bentuk ekornya meruncing dengan garis - garis bulu yang jelas, burung ini bisa diharapkan tengahnya ( ketek ) bisa terdengar jelas dan baik.
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya nggabah ( seperti gabah atau butiran padi ) dan bentuk badannya nongko sanglundung ( seperti buah nangka ) serta bentuk ekornya panjang dengan garis - garis bulu yang jelas tapi tumpul, diperkirakan suara tengahnya agak baik.
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya mapah gedang ( seperti pelepah pisang ) dan bentuk tubuhnya mbluluk ( seperti pentil atau buah kelapa yang masih sangat muda ) serta bentuk ekornya pendek meruncing, diperkirakan suara tengahnya cukup baik.
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruh yang nglombok gede ( seperti cabe besar ) dan bentuk tubuhnya njagung nglobot ( buah jagung yang belum dikupas kulitnya ) serta bentuk ekornya panjang tapi kurang meruncing ( sehingga bulu bertumpuk dan garis - garis warnanya kurang jelas ), diperkirakan suara tengahnya kurang baik.
  • Burung perkutut kalau dilihat dari samping bentuk paruhnya seperti nglombok rawit seperti cabe rawit ) dan bentuk tubuhnya seperti wungkal gerang ( seperti batu asahan pisau yang sudah aus bagian tengahnya ) serta bentuk ekornya mekar seperti kapas, diperkirakan bunyi suara tengahnya kurang sekali, akan tetapi dapat tebal bunyinya.

Semoga bermanfaat bagi Kung Mania dimana saja berada, salam kicau 
Teruskan membaca | comments

Menyiapkan burung derkuku untuk lomba


Perawatan burung derkuku lomba tentulah berbeda dengan perawatan derkuku rumahan, untuk perawatan derkuku yang dikhususkan lomba ini memerlukan rawatan lebih agar burung mau tampil maksimal di lapangan dan bisa meraih predikan jawara.  bahkan persiapannya pun berbeda antara derkuku untuk lomba dengan derkuku yang untuk lomba tetapi juga disiapkan untuk diternakan . 
Berikut ini adalah tips dari om Dekoe dari LMS Bird Farm Solo mengenai bagaimana merawat derkuku untuk lomba , sebagaimana tertulis dalam sebuah forum kicau mania. 
Perawatan derkuku yang akan digunakan untuk lomba dimulai sewaktu burung masih berusia 3 bulanan dimana piyikan derkuku ini sudah mulai bunyi. lebih dahulu kita pilih mana yang bersuara bagus dan memenuhi kriteria untuk menjadi juara ( feeling dan hearing disini menentukan ) .



Setelah burung kita dapatkan, setiap sore harinya mulai pukul 1500 hingga 17.30 burung wajib kita kerek tentu saja sambil melihat cuaca, jangan sampai pas hujan burung nekad dikerek atau lupa diturunkan, yang ada bukan jadi jawara tapi malah semaput, he he he 
Setelah burung mulai gacor seteleh berusia 6 bulanan ( ada juga burung yang gacor pada usia 4 bulanan), Setiap Pagi hari burung dikerek dimulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 dan hanya dilakukan dalam waktu 4 kali saja selama seminggu. sesekali burung dibawa jalan jalan ke latberan ( info latberan bisa didapatkan dari peternak perkutut / derkuku yang ada didaerah anda) kalau sudah mau jalan di arena latberan baru burung kita persiapkan untuk lomba. 

Persiapan lomba bisa diberlakukan semenjak 1 minggu sebelum lomba ( H-7) disinilah perawatan mulai intensif, dimana penggantangan mulai dilakukan tiap hari sampai H-1 menjelang lomba. dan pada H-1 menjelang lomba burung cukup dijemur saja, Jika burung dilombakan hari minggu maka pada hari jum'atnya buurng bisa kita mandikan ( walaupun tidak mutlak harus selalu hari jum'at, bisa hari sabtunya atau kamis, nah disinilah setingan mulai dimulai kita bisa melihat burung gacor di lomba bila dimandikan pada hari apa ), mandi untuk derkuku diperlukan untuk membersihkan bulu dari kotoran dan mencegah burung menyisir bulu bulunya sewaktu lomba dimulai atau sedang berjalan (didis), Air untuk mandinya bisa menggunakan air bekas cucian beras atau juga ditambahkan dengan obat kutu. setelah mandi burung diangin anginkan. 

Mulai dari H-7 pemberian pakan juga mulai berubah, jika hari biasa diberikan makanan secara bebas dimana burung dapat memakan semua makanan kesukaannya . Setingan pakan untuk  derkuku yang bersuara besar bisa diberikan banyak beras merah karena beras merah dipercaya bisa menambah power derkuku yang bersuara besar ini  menjadi lebih ngebass dan bersuara bagus dan panjang. sementara untuk setingan derkuku yang bersuara kecil (kristal) maka porsi beras merahnya dikurangi dan porsi miletlah yang ditambah agar powernya berkurang, karena kalau derkuku suara kecil (kristal) ini powernya berlebih maka suara ujungnya akan menjadi mati dan menjadi kurang menarik sehingga mengurangi keindahan suaranya terlebih pada saat dinilai oleh juri.

Pada Hari H menjelang lomba, bawa burung dengan sangkar yang dikerodong rapat agar burung bisa tenang selama dalam perjalanan dari rumah ke tempat lomba. sampai dilokasi lomba dekatkan dengan derkuku lain agar "mbekur2" dengan tujuan mengurangi stressnya sambil dijemur jika ada panas dan langsung digantang saat lomba dimulai. tetapi jika tidak ada panas , setelah burung mbekur2 tadi burung bisa langsung kembali dikerodong dan baru dibuka setelah lomba akan dimulai dan langsung digantang. 

Demikian tips perawatan derkuku untuk lomba yang saya tujukan khusus pecinta derkuku dimananpun berada. 
untuk mengetahi informasi katuranggan serta seluk beluk burung derkuku yang bagus bisa dibuka disini .semoga bermanfaat. salam kicau
Teruskan membaca | comments

Alasan burung terbang dalam formasi 'V"

Sebagai hewan yang bisa terbang, kelompok besar burung ternyat alebih menyukai terbang dalam formasi seperti huruf V, bukan karena ingin pamer kebolehan seperti layaknya pameran dirgantara, tetapi memang sewaktu burung mengepakan sayapnya itu menghembuskan udara kesamping dan membentuk putaran angin ke arah belakang, itulah sebabnya burung yang berada dibelakangnya pasti akan lebih berat mengepakan sayapnya dan bisa menjadi cepat lelah oleh karena itulah burung burung lebih menyukai terbang berdampingan dalam formasi V, karena dengan demikian hembusan angin dari kepakan burung disebelahnya akan membuat burung di sampingnya tidak membutuhkan banyak tenaga untuk mengepakan kedua sayapnya, itulah sebab mengapa burung bisa terbang bermigrasi dengan jarak yang jauh dan tidak cepat lelah.

Gambar beberapa formasi burung terbang yang rata rata membentuk huruf "V" 




Teruskan membaca | comments

Mengenal ragam jenis burung FINCH

Finch termasuk jenis burung yang populer di pelihara di seluruh dunia, burung ini bisa ditemukan diseluruh dunia tentunya dengan beraneka ragam jenis, bentuk dan warnanya yang mencapai ratusan spesies. kalau di indonesia mungkin kita sudah terbiasa dengan burung sejenis pipit ini yang memiliki bermacam corak dan warna serta namanya yang tersebar di berbagai daerah di indonesia, tapi kali ini kita akan mengenal ragam jenis dari burung finch ini yang berasal dari luar / impor. 


Gouldian finches


Burung Gouldian finches atau Lady Gouldians ini dianggap oleh banyak kalangan sebagai salah satu burung finch (pipit) yang paling indah dengan bulu yang brewarna warni dari jenis finch lainnya,
Walaupun finch jenis Lady Gouldians ini tidak terlalu sulit untuk dipelihara, akan tetapi harganya cukup mahal dan biasanya hanya dipelihara oleh penggemar yang sudah berpengalaman saja, burung ini sangat mudah untuk dikembang biakan dan akan berproduksi dengan baik baik melalui sistim koloni ataupun sepasang saja dalam kandangnya.

Zebra Finch


Zebra Finch mungkin inilah burung  dari jenis finch yang sangat sesuai dipelihara oleh pemula ataupun penggemar burung, burung jenis ini dikenal lincah dan aktif juga merupakan salah satu jenis burung yang paling mudah dipelihara juga dikembang biakan, zebra finch bisa berumur panjang dengan rentang hidup dalam sangkarnya sekitar 12 tahun.
Zebra finch ii juga merupakan salah satu burung yang paling populer selama lebih dari 100 tahun. berasal dari Australia dari keluarga estrildidea. dalam habitatnya burung ini lebih senang berkoloni  dan berkembang biak dalam koloni tersebut, habitat mereka meliputi padang rumput atau daerah bersemak rendah, daerah terbuka dan ladang perkebunan.

Strawberry Finch


Strawberry Finch dikenal juga sebagai Avadavat merah, sebutan strawberry diberikan karena warna bulu burung jantan yang seperti buah strawberry selama musim kawin. Burung ini sangat menarik untuk dipelihara, dan mudah berkembang biak dalam sebuah sangkar aviary (umbaran) dan sangat cocok untuk pemula yang ingin mengembang biakan burung jenis ini, mereka cukup lincah dan jika anda ingin memelihara burung ini di luar ruangan pastikan suhu dalam sangkarnya selalu hangat .


Spice Finch


Spice Finch sering juga disebut Nutmeg Mannikins dan tentu tidak asing bagi kita, sangat baik dipelihara untuk pemula , burung ini mudah beradaptasi dengan sangkar ataupun dalam lingkungan aviary, burung ini termasuk burung yan gmudah dipelihara dan bisa hidup lama.
Dihabitatnya burung Spice Finch ini senang bekumpul dalam kelompok kelompok kecil dalam sebuah koloni dan kadang bercampur dengan kelompok jenis lain atau kelompok burung lain, Di India dan Indonesia burung ini terkenal karena dijual dengan bulu yang di sipuh berwarna warni.

Fawn-Pied Society Finch


Sebutan Society (Sosial) sangat cocok diberikan untuk finch jenis ini, karena burung ini memang hidupnya sangat mudah bersosialisasi dan bisa menyatu dengan berbagai jenis kelompok burung.  finch jenis ini sangat mudah dipelihara dan juga burung yang sangat produktif.Finch jenis ini juga merupakan salah satu spesis yang paling menarik perhatian, burung ini diyakini telah dikembang biakan di negara negara asia lebih dari 300 tahun yang lalu oleh peternak china dan jepang.



Teruskan membaca | comments

Mengenal ragam jenis kenari import part 2

Menyambung artikel terdahulu mengenai ragam jenis burung kenari impor bagian 1, berikut adalah ulasan mengenai ragam jenis burung kenari impor.

KENARI GLOSTER

Rata rata kenari yang memiliki warna ataupun bentuk tubuh yang unik jarang mempunyai lagu yang bagus , tapi untuk jenis kenari gloster ini dikenal memiliki suara nyanyian yang bagus. Kenari gloster terbagi  kedalam dua jenis spesis yaitu CORONA yang memiliki Crest ( Jambul ) di kepalanya dan CONSORT yang tidak memiliki jambul di kepalanya. 
Kenari jenis ini sangat populer untuk ditangkarkan, dan patut dicatat bahwa mengawinkan kenari jenis gloster in lebih baik dengan memasangkan kenari Corona dengan Consort ataupun Consort dengan Consort untuk hasil yang lebih bagus. berikut ini adalah tabel persilangan dari kenari jenis gloster ini : 
  • Consort x Consort akan menghasilkan 100% anakan dengan kepala rata ( tidak berjambul / Consort )
  • Consort x Crested akan memproduksi 50% anakan dengan kepala rata ( Consort  ) dan 50% anakan jambul ( Crested ).
  • Crested x crested akan memproduksi 25& Anakan kepala rata ( Consort ) , 50% Jambul dan 25% kemungkinan anakannya akan mati jadi sangat tidak direkomendasikan.
KENARI STAFFORD


Kenari stafford  adalah kenari yang diproduksi di stafford inggris , kemunculan pertamanya pada tahun 1987 pada even British National Exhibition dan ditetapkannya kenari stafford sebagai kenari untuk penangkaran pada tahun 1990. Di Amerika sendiri pada pergelaran Pameran burung berkicau ( The National Cage Bird show ) mulai memasukan jenis stafford kedalam salah satu bagian dari pameran burungnya pada tahun 1992. Pada awalnya hanya mempertunjukan burung kenari yang memiliki jambul saja dan sekarang baik kenari jambul ataupun tidak berjambul juga banyak dipertunjukan dalam pameran tersebut.
Staffor adalah jenis kenari dengan warna dasar merah mawar. Jenis ini adalah jenis kenari warna tetapi tidak semua kenari yang berwarna merah dan memiliki jambul adalah kenari stafford, ada juga silangan antara kenari gloster dengan kenari red factor.

KENARI RED FACTOR


Kenari red factor adalah kenari produk silangan yang menghasilkan warna merah pada setiap helai bulu bulunya. kenari jenis ini pertama kalinya dikembangkan oleh Dr. Hans Duncker ( seorang penangkar kenari dari jerman ) pada awal awal tahun 1900an dengan menyilangkan jantan 'red siskin' dengan kenari kuning. ada juga yang mengatakan bahwa kenari kuning yang digunakan adalah jenis kenari 'German Roller' sementara yang lainnya percaya bahwakenari kuning tersebut adalah jenis dari ' Border Canary'. Dalam perawatannya kenari ini membutuhkan makanan yang mengandung beta carotene tinggi untuk menjaga kualitas warnanya, pemberian makanan yang mengandung beta carotene ini diberikan hanya pada saat akan tumbuh bulu baru dan biasanya terjadi pada waktu burung sedang mengalami masa mabung. sekarang ini banyak juga dijual bahan makanan yang mengandung bahan kimia untuk menjaga warnanya akan tetapi jika berlebihan dan terlalu sering digunakan bisa membahayakan dan malah menimbulkan penyakit.


KENARI BELGIA (BELGIAN FANCY CANARY)


Kenari belgia ini tidak hanya merupakan salah satu jenis keturunan kenari yang paling tua tetapi juga salah satu yang paling khas dan sangat berpengaruh.
Belgian Fancy Canay adalah jenis yang paling penting dalam perkembangan sejarah dari beberapa varietas kenari populer sekarang ini. pengaruh yang paling utama adalah dalam pengembangan "frilled" dan "posisi" dalam setiap jenis keturunan. sebagai kenari tipe jenis ini dikembang biakan untuk bentuk dan ukuran fisiknya saja dibandingkan lagunya. jenis ini kerap disebut kenari postur karena bentuk dan fisik dari kenari ini menyerupai bulan sabit, burung jenis lain yang sama yang juga dikembang biakan adalah Kenari Scotch Fancy dan Italicus Gibber italia. kenari fancy belgia butuh memrlukan cukup banyak latihan untuk bisa dipertunjukan dengan baik, kenari bertubuh kurus dengan bentuk panjang ini kerap dilatih untuk bisa berdiri dengan posisi membungkuk .


KENARI BORDER

 Apa kesan pertama begitu melihat kenari jenis border ini, tentulah pikiran kita akan teringat pada karakter kartun animasi anak anak  "Tweety" !
Kenari Border adalah jenis burung yang paling populer sekarang ini, sebagai kenari tipe kenari jenis ini dikembang biakan untuk penampilan fisik dibanding lagunya, setelah sempat dijuluki "Wee Gem" karena ukurannya yang kecil dengan penampilan yang sedikit chubby dengan bulu yang sangat mengkilap, meskipun kebanyakan berwarna kuning akan tetapi ada juga yang memiliki warna lannya. Informasi mengenai latar belakang kenari ini masih sangat sedikit jumlahnya, selain dikatakan telah berkembang dengan pesat diakhir 1700an atau awal 1800an dari kenari yang biasa di sepanjang perbatasan utara inggris dan skotlandia. Namanya sendiri diadopsi tahun 1889 di langholm sebuah kota yang dekat dengan perbatasan skotlandia dan inggris dan semenjak itu pembentukan klub kenari border ini diresmikan pada 5 juni 1890.


KENARI JAMBUL (CRESTED CANARY)
 
Kenari Crested (jambul) awalnya dikenal sebagai 'Turncrown (putaran mahkota)" adalah salah satu kenari tertua yang masih ada. kenari jenis ini juga memiliki sejarah yang stabil dikarenakan fluktuasi baik dari popularitas maupun pengembangan varietas kenar ijambul lainnya. Kenari jambul ini mungkin adalah kenari yang paling populer diakhir tahun 1800an dan digambarkan sebagai "The King of Fancy", dan imbas dari kepopuleran tersebut membuat kenari ini menjadi salah satu kenari yang paling mahal harganya dan hanya dimiliki oleh orang orang yang sangat kaya pada jamannya.
Kenari jambul adalah kenari tipe dikembang biakan untuk penampilan fisik daripada warna atau suaranya, ciri khasnya memiliki jambul pada bagian atas kepalanya ,kenari sejenis yang populer diantaranya adalah kenari gloster, kenari stafford jambul, kenari norwich jambul dan kenari lancashire.


KENARI NORTHERN DUTCH FRILLED


Kenari Northern Dutch Frilled yang cantik ini sering disamakan dengan kenari Parisian Frilled yang membedakan adalah ukurannya saja yang berbeda. meskipun mirip dengan ras parisian frilled dengan pola bulu yang panjang berurai sementara bulu pada kenari ini lebih berjumbai dan kurang padat dengan ikal kecil dan hanya meliputi setengah bagian saja dari tubuhnya.
Kenari ini adalah kenari tipe, dikembang biakan untuk penampilan fisik daripada warna ataupun lagunya.
Ada ragam varietas dari kenari berjumbai ini termasuk diantaranya : French Frill, Fiorina Frill, Milanese Frill, Gibber italicua, Giboso Espanol, japanese Frill,Parisian Frill, Southern Dutch Frill, Munich Frill, Scotch Fancy Frill, Swiss Frill, Roebekian Frill, Hunchback Frill, Brazillian Frill dan beberapa dari jenis kenari jambul seperti Padovan Frill dan Florin Frill.


KENARI ROLLER 

sebuah survey di negara negara eropa menyebutkan bahwa salah satu kenari jenis penyanyi yang paling populer adalah kenari roller .
Kenari Roller atau biasa disebut kenari roller jerman atau The hartz mountain roller canary adalah kenari yang paling dihargai selama ratusan tahun karena keindahan lagunya. tidak hanya memiliki lagu yang bagus tetapi juga memiliki kemampuan meniru yang cukup baik dibanding kenari lainnya.  dari jaman dulu kenari jantan muda yang baru melewati masa mabung pertamanya di gantung didekat kenari jantan dewasa yang memiliki lagu yang sempurna dan variasi dengan tujuan pemasteran, kenari muda akan belajar dan menirukan lagu yang berulang kali dinyanyikan oleh kenari dewasa tersebut, dewasa ini pemasteran lebih banyak dilakukan dengan menggunakan media rekaman.
Kenari Roller adalah salah satu yang terkenal dari beberapa jenis kenari penyanyi, yang banyak dikembang biakan untuk lagunya daripada warna atuapun penampilan fisiknya, kenari penyanyi ini termasuk kenari waterslager, russian singer, american singer dan spanish timbrado.


Teruskan membaca | comments ( 2 )

Mengenal sekilas burung Tengkek Buto

Tengkek Buto 
Burung Tengkek Buto atau The Oriental Dollarbird (Eurystomus orientalis) sebenarnya bukanlah termasuk jenis burung tengkek atau burung raja udang (Alcedo atthis) , Burung ini termasuk dalam genus Eurystomus dengan merupakan satu kerabat dengan Coraciidae. sementara untuk genus eurystomus itu sendiri ada 3 jenis spesies yang merupakan kerabatnya yaitu :
 


1.Eurystomus glaucurus

2.Eurystomus gularis

 
3.Eurystomus azureus




Habitat dan Penyebaran
Habitat burung tengkek buto ini banyak ditemukan di tepi tepi sungai, pada pohon pohon tinggi, pohon bambu, perairan payau dan tawar.
penyebarannya mencakup wilayah asia hingga australia bahkan afrika. 


Makanan
Didalam habitatnya burung ini hanya memakan udang , ikan ikan kecil dan serangga.


Perawatan
Makanan utama dari burung ini adalah jangkrik, voer dan udang rebon atau ikan kecil. 
Menurut beberapa informasi yang beredar kabarnya suara burung tengkek buto ini semakin bertambahnya usia burung ini semakin menurun iramanya (memendek).

Audio & Video terkait

 video tengkek buto dari youtube.com

 
Teruskan membaca | comments

Burung indah ini memiliki jambul syahrini

Cock of the rock adalah sejenis burung penari yang indah dari amerika selatan. dinamakan demikian sesuai dengan tempatnya bersarang yaitu di daerah bukit berbatu. Burung ini terdiri dari dua spesis yaitu Guyana Cock of the Rock Rupicola rupicola yang tersebar didataran tinggi Guyana termasuk Suriname, Kolumbia Timur, Venezuela Selatan dan Amazon brazil serta Andean Cock of the Rock Rupicola peruvianus yang tersebar di daerah hutan pegunungan andes yang meliputi wilayah Venezuela, Equador, Peru dan Bolivia.

Guyana Cock of the Rock adalah salah satu burung yang terlihat indah dan juga unik di amerika selatan. Keseluruhan tubuh burung ini diselimuti oleh bulu yang berwarna jingga dan kepala yang dilengkapi mahkota setengah lingkaran yang tidak lazim terdapat pada burung, keunikan lainnya adalah ritual perkawinannya yang rumit.


Pada musim kawin sekitar 30 hingga 40 ekor burung jantan akan berkumpul bersama sama di lapangan yang luas ataupun di pinggiran hutan yang luas dan akan berusaha menari sebagus mungkin dengan mengembangkan bulu tubuh dan mahkotanya yang indah untuk menarik perhatian burung betinanya.  saking ekstremnya tarian ini sampai sampai saat mahkota di kepala dan bulu dipunggungnya mengembang sudah tidak berbentuk seperti burung lagi. dan jika burung betina tertarik ia akan menghampiri salah satu burung jantan yang dianggapnya sebagai juara untuk mendapatkan hadiah istimewa yaitu mengawininya.

sarang burung ini terbuat dari campuran lumpur, daun dan ranting yang direkatkan ke dinding batu di lereng bukit yang tinggi menggunakan air liurnya. selama itulan burung betina akan bertelur sejumlah 1 hingga 2 butir telur yang akan dierami selama 27 hingga 28 hari lamanya. Burung jantan dalam hal ini tidak seperti burung lainya mengambil peranan dalam mengerami atau membuat sarangnya dikarenakan sifatnya yang poligami.

Andean Cock of the Rock bertubuh sedikit lebih besar dari burung sejenisnya yaitu Guyana , Ciri khas dari burung ini adalah mahkota pada kepalanya yang seperti jambul syahrini (hehehe) serta warna bulu di punggung yang abu abu kebiruan. Makanan burung ini adalah buah buahan, serangga serta binatang kecil seperti kadal dan katak.

Burung betina

Andean cock of the rock jambulnya mirip jambul syahrini

 Video terkait 



Teruskan membaca | comments ( 3 )

Kicauan popular

 
Support : Copyright © 2011. Tabloid Burung - All Rights Reserved
TABLOID BURUNG by Kicau Mania Indonesia Copyright (c) 2013
TABLOID BURUNG INDONESIA Video Burung | Gambar Burung | INILAH DUNIA KITA | - .