Home » » Tips memilih dan merawat burung tledekan

Tips memilih dan merawat burung tledekan

Tledekan gunung yang merupakan keluarga dari burung sikatan termasuk juga kacer dan muray batu adalah burung dari jenis petarung ( fighter ) , gayanya yang khas atau sering disebut oleh para kicaumania gaya nyekleknya merupakan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang memiliki burung ini. dan disini saya akan membahas bagaimana tips memilih burung tledekan yang bagus dan berprospek 'nyeklek'. 


Burung Tledekan pada umumnya mempunyai panjang badan berkisar antara 8 s/d 20 cm. Membedakan Jenis kelamin pada burung ini dengan pola warna yang kontras antara tledekan yang berkelamin jantan dibandingkan dengan burung tledekan betina. Contoh pada Species Tledekan Gunung Warna Pejantan pada Jenis Niltava ini belakang biru tua dan satu biru cerah di kepala, terdapat kedok hitam sekitar mata mata, satu jakun hitam, dan terdapat warna jeruk bersinar perutnya, beberapa genus seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan, biru putih (mungkin sering kita kenal sebagai tledekan laut)
Warna pada jenis Betina adalah coklat zaitun dengan coklat muda di perut , dan warna betina muda adalah coklat cerah dengan agak keputih-putihan.

Dihabitatnya burung tledekan lebih menyukai tempat yang cenderung lembab, hutan lebat berdaun lebar dan hijau, sering dekat satu aliran sungai. oleh karena sifatnya yang 'fighter' itulah burung ini lebih mudah ditangkap di alam liar dengan bermodalkan suara rekaman dari mp3 ataupun menggunakan tledekan lain sebagai pemancingnya. 

Dikenal dengan nama Tledekan bambu / anis bambu / cacing awi dikarenakan memang burung ini lebih banyak terlihat diantara rindangnya pohon pohon bambu mencari ulat bambu dan kadang bersarang diantara pohon pohon bambu tersebut. makanan utamanya adalah serangga termasuk capung, kupu kupu ulat dan buah buahan kecil.

TIPS MEMILIH TLEDEKAN 

Mental : Mental adalah salah satu faktor yang menentukan bagus atau tidaknya burung yang akan kita rawat dan pelihara. ciri ciri dari burung tledekan yang memiliki mental yang baik adalah sbb : 
  • Rajin berkicau dan ngeriwik.
  • Penampilan yang tenang namun waspada, dan langsung menyerang begitu dihadapkan dengan burung tledekan lainnya dengan suara andalannya. pilih burung yang langsung 'nyeklek' 
  • Cepat beradaptasi, burung yang cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar akan tetap bunyi atau ngeriwik meski berada tidak jauh dari aktifitas manusia / pemiliknya. 
Suara : Cari tledekan yang memiliki suara yang tajam, crystal, ngeroll, ngerovell dengan kecepatan suara yang rapat dan diakhiri dengan tembakan khasnya.
Cari burung yang memiliki warna yg cerah, warna biru dan merah bata pada tubuhnya terlihat terang dan jelas, tidak kusut. Bila warna bulu bulunya kusam, bisa berarti asupan makanannya kurang bergizi dan dapat menandakan burung tersebut bermental atau dalam kondisi tidak baik. 

Ukuran badan cari yg memiliki tubuh yang panjang dan ramping, kepala terlihat besar dg bagian atas lebar atau gepeng ( CEPER ), leher yang jenjang (besar), mata yang terlihat besar , dan warna bulu yang cerah. Burung tledekan dengan kriteria tersebut biasanya mempunyai kesitimewaan:
  1. Rajin berkicau
  2. Nafas  panjang
  3. Suara rapat, cepat, dan kencang
  4. Memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
  5. Cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)
Sorot mata yang tajam menandakan burung tersebut sehat dan bermental bagus sebaliknya burung yang bermata terlihat sayu seringkali bermental kurang baik / lemahdan burung tersebut biasanya sedang dalam kondisi yang kurang fit.

Tidak cacat : Sering kali pedagang yang menjual burung hasil tangkapan hutan menyebut burung tledekannya yang bulu pada bagian dadanya kurang rapi atau bulu sayap yang patah patah dan banyak yang rontok disebut sedang mabung padahal burung itu mengalami kerusakan sayap / bulu sayap dikarenakan terkena getah ataupun jerat, selain sayap perhatikan juga kaki kakinya apakah masih kokoh mencengkeram tangkringannya.

Paruh berkontur : sebagai opsional bisa memilih burung dengan paruh berkontur belimbing , banyak yang meyakini burung dengan paruh demikian memiliki suara yang keras dan mental yang baik.

PERAWATAN BURUNG TLEDEKAN

Perawatan harian burung tledekan agar selalu terjaga kondisinya dan tetap fit setiap harinya sangat penting untuk dilakukan secara konsisten dan rutin setiap harinya. burung  tledekan yang sehat tentu akan lebih cepat dan sering berbunyi.Kicauan bagi burung khususnya burung jenis petarung seperti tledekan bukan saja menjadi tanda terima kasih bagi burung bagi pemiliknya, namun secara naluriah merupakan cara burung tersebut untuk menandakan kehadirannya, baik untuk menarik pasangannya maupun tanda keberadaan akan daerah kekuasaannya.
-->

Ukuran rawatan harian yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :


Pola rawatan harian yang standar.
  • Berikan jangkrik 5 ekor pagi dan sore setiap harinya.
  • siang harinya berikan kroto 1 sendok teh atau jangkrik 4 ekor.
  • Penjemuran bisa dilakukan mulai jam 8 hingga jam 9 pagi.
  • Untuk mandi bisa diberikan wadah mandi khusus yang dimasukan kedalam sangkarnya setelah burung disemprot halus untuk merangsang burung mau mandi.
  • tempel dengan burung burung master.
  • Hindari berdekatan atau melihat burung sejenis atau burung fighter lainnya seperti kacer dan Muray batu.

Jenis dan ukuran sangkar

Sangkar yang baik bagi Tledekan minimal mempunyai ukuran P:30x L: 30x T:50 cm, selain mudah dalam menempatkan pakan Tledekan yang cukup beraneka ragam, juga memungkinkan Tledekan untuk leluasa bergerak. Pada kasus burung sedang dalam kondisi mabung mencegah terjadinya kegemukan.
Kebersihan sangkar juga harus diperhatikan. Minimal dalam 2 hari sangkar dibersihkan dari kotoran dan bekas makanannya. Kebersihan sangkar juga menghindari burung dari terjangkit penyakit.
Kelengkapan standar bagi sangkar adalah : tenggeran dengan kondisi saat burung bertengger maka antara kuku kaki depan dan belakang tidak saling bertemu (atau mencengkeram sedikitnya 80% dari diameter tangkringan ), tempat makan dan minum bisa terbuat dari mika atau porselein dan tempat kroto.
Dengan konsisten dalam perawatan harian dan menjaga kondisi burung agar tetap fit , burung pun akan lebih lincah, senang berkicau dan secara langsung bisa membanggakan pemiliknya. (@ariesmunandi

sumber tulisan: kicaumania.or.id
Klik tombol untuk berbagi : :

0 comments :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Tabloid Burung - All Rights Reserved
HOBI ELEKTRONIKA by Inilah dunia kita Copyright (c) 2013
DUNIA DAN HOBBI ELEKTRONIKA Video Burung | Gambar Burung | INILAH DUNIA KITA | -.