Home » » Tepung jangkrik cara membuat dan manfaat serta kegunaannya

Tepung jangkrik cara membuat dan manfaat serta kegunaannya

Ef atau Ekstra Fooding untuk burung kicauan kini tersedia dalam bentuk instan berupa tepung yang dibuat dari bahan mahluk hidup seperti jangkrik. EF yang satu ini memang tidak membuat repot kita sebagai pemilik burung kicauan yang setiap harinya harus selalu sedia ekstra foooding berupa serangga ataupun juga buah buahan, dan untuk burung pemakan serangga tentulah kita selalu menyediakan jangkrik dalam wadahnya walaupun kadang kita masih direpotkan oleh adanya jangkrik yang lepas, diserbu semut, atau menimbulkan bau yang tidak sedap. dan alternatif yang paling mudah adalah membeli tepung jangkrik yang kini banyak beredar di pasaran atau toko toko penyedia bahan pakan untuk binatang peliharaan sepreti burung.  ya , EF yang satu ini memang begitu ringkas, mudah disimpan, tahan lama dan tidak gampang diserbu oleh semut. 
Macam macam jenis dari produk yang bisa dihasilkan dan manfaat dari jangkrik yang dibuat tepung tersebut, diantaranya tepung jangkrik untuk burung kicauan, tepung jangkrik untuk campuran jamu, tepung jangkrik sebagai penambah stamina dalam bentuk kapsul dan makanan berupa biskuit yang dibuat dari tepung jangkrik. 


Kandungan yang sangat bermanfaat dalam tepung jangkrik
Berdasar penelitian ilmiah, jangkrik memiliki kandungan hormon progesterone 105,49 ppm, testoteron 31,78 ppm dan hormon estrogen 259,535 ppm. Bahkan mampu menghasilkan sumber energi 4,87 kalori per gram jauh diatas bahan makanan lainnya. Ternyata kandungan protein tepung yang terbuat dari jangkrik tersebut tinggi, yakni mencapai 57,32 persen. Selain itu, binatang ini juga memiliki senyawa kimia seperti asam amino yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel, GSH (glutation) dan berfungsi sebagai antioksidan alami pada tubuh manusia

Cara membuat tepung jangkrik 
Dalam pembuatannya biasanya dicari jangkrik yang sudah berusia diatas 40 hari, dan jangkrik jangkrik ini kemudian terlebih dahulu direbus / direndam dalam air panas baru setelah itu dicuci hingga bersih lalu dimasukan kedalam oven selama 3 jam dengan suhu 70oC , baru setelah itu jangkrik digiling sampai berbentuk tepung dan mulai dikemas dan dipasarkan untuk berbagai kebutuhan seperti untuk pakan burung kicauan dan hal lain yang telah saya sebut diatas tadi.

Tepung jangkrik sebagai penambah stamina 
Ternyata khasiat dari tepung jangkrik ini tidak hanya bagus untuk burung kicauan saja tetapi juga bagus bagi kebugaran dan penambah stamina kita. dan dalam hal ini jangkrik yang telah dihaluskan tadi setelah proses pembuatan tepung jangkriknya , dicampurkan dengan ramuan alami lainnya dan dimasukan kedalam selongsong kapsul lalu dikemas dan dijual sebagai obat penambah stamina. 

Tepung jangkrik sebagai bahan untuk membuat biskuit jangkrik 
Tepung jangkrik juga bisa dimanfaatkan sebagai penambah vitamin dan nutrisi tubuh dengan jalan mencampur tepung jangkrik dengan bahan bahan pembuat kue untuk dijadiak biskuit yang tentu saja memiliki cita rasa yang gurih dan lezat selain bermanfaat untuk kesehatan dan daya tahan tubuh kita tentunya. 
Untuk membuat biskuit jangkrik ini dibutuhkan :
  • Margarine
  • Gula
  • Telur
  • Bakin Powder
  • Kelapa dan Jahe ( yang dihaluskan kemudian disangrai )
  • Tepung jangkrik yang sudah jadi 
  • Tepung
Cara Membuat :
  • Masukkan margarin dan gula, haluskan
  • Masukkan telur dan baking powder, aduk rata
  • Campurkan semua bahan [kelapa,jahe,jangkrik bubuk, tepung] kemudian ratakan adonan sampai kalis
  • Cetak Adonan
  • Tata di loyang, dan masukkan dalam oven selama 15 menit.
sumber : google dan informasi pendukung lainnya
semoga bermanfaat :)
Bagikan untuk semua : :

1 comments :

Anonymous said...

jangkrik bukan jenis genggong;'

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Tabloid Burung - All Rights Reserved
TABLOID BURUNG by Kicau Mania Indonesia Copyright (c) 2013
TABLOID BURUNG INDONESIA Video Burung | Gambar Burung | INILAH DUNIA KITA | - .